MPLS ONLINE

Salah satu program kegiatan sekolah, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri pada awal tahun pembelajaran adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan ini (biasanya berlangsung selama tiga hari) siswa diarahkan untuk mengenal lingkungan sekolah. Lingkungan yang dimaksud adalah siswa senior, para pendidik, tenaga pendidikan, program sekolah, serta sarana dan prasarana pembelajaran.

Sebagaimana kalender pendidikan tahun ajaran 2021/2022 yang sudah dikeluarkan Kemendikbud, MPLS dikaksanakan bertepatan dengan awal tahun ajaran, yaitu tanggal 13 hingga 15 Juli 2022.

Meskipun begitu, proses pembelajaran secara fisik masih ditangguhkan oleh pemerintah, termasuk pelaksanaan MPLS. Meskipun tahun ajaran baru terhitung tanggal 13 Juli 2020, kegiatan secara langsung disekolah sebagaimana tahun-tahun sebelumnya belum dtetapkan oleh pemerintah.

Pertanyaannya, bagaimana dengan MPLS? Mengingat tujuannya, bolehkah MPLS dilaksanakan secara daring pada tanggal yang ditetapkan?

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan boleh tidaknya sekolah melaksanakan MPLS secara daring.

Memilah Materi

Umumnya, materi-materi MPLS meliputi:  menumbuhkan sikap bela negara, kepemimpinan, pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, pengenalan program kurikulum, pengenalan program kesiswaan, tatatertib sekolah, pengenakan siswa senior, pengenalan guru dan tendik, pengenalan sarana dan prasarana bElajar, kesadaran berbangsa dan bernegara, dan belajar efektif.

Mengingat belum adanya keputusan pemerintah untuk pembelajaran langsung di sekolah pada awal tahun ajaran ini, bukan tidak mungkin ada calon siswa beserta keluargannya tidak atau belum berada di rumah. Karena alasan tertentu, mereka berada di tempat lain.

Maka, sekolah perlu melakukan konfirmasi kepada orangtua dan siswa baru. Sekolah hendaknya menyampaikan rencana pelaksanaan MPLS secara daring sehingga orangtua mengajak dan mendampingi anaknya untuk mengikuti penyampaian materi dari sekolah sesuai jadwal.

Sekolah bisa memilih aplikasi daring sebagai sarana komunikasinya, seperti google classroom atau WA. Melalui aplikasi siswa, selain sebagai sarana pemaparan materi oleh sekolah, bisa sebagai media tanya jawab mengenai hal-hal yang belum dipahami siswa.

Membuat Bahan secara Daring

Sekolah perlu menyiapkan materi-materi yang disampaikan secara daring. Materi-materi tersebut dibuat secara menarik dan sederhana sehingga mudah dimengerti siswa. Setiap materi disertai dengan bagian tanya tanya jawab.

Untuk itu, jauh-jauh hari sekolah perlu menginformasikan kepada orangtua mengenai  jadwal MPLS, materi keselutuhan dan materi yang disampaikan secara daring dan materi yang disampaikan kepada siswa di sekolah ketika sudah diperbolehkan belajar di sekolah. Untuk mempermudah pembelajaran daring, siswa hadir disekolah tatap muka untuk lebih mengenal aplikasi yang digunakan dengan satu ruangan diisi maximal 18 siswa untuk.Dan untuk perlengkapan yang harus dibawa sewaktu masuk di sekolah, silahkan calon siswa baru melihat Instagram osissmekgiza, diIG tersebut terdapat pembagian kelas...