LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN

Menyadari bahwa generasi muda adalah penerus perjuangan bangsa, maka mereka harus dipersiapkan secara lahir dan batin serta intelektualitas mereka sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mereka harus peka terhadap perkembangan jaman dan peduli terhadap tanggung jawabnya sebagai warga negara yang baik.

 

            Apalagi bagi pelajar SMK saat ini yang harus dituntut untuk mencapai kompetensi yang optimal sebagai bekal meneruskan masa depannya kelak di masyarakat.Oleh karena itu, langkah paling akurat dalam memberikan bekal pada pelajar sebagai benteng menanggulangi era globalisasi adalah meningkatkan ketahanan moral, religius dan intelektualitasnya.Di samping itu, ditanamkan juga nilai-nilai kepemimpinan dan hakikat organisasi yang terarah, sehingga mereka tamat dapat berbekal ilmu dan pengalaman yang produktif sebagai tuntunan melangkah di masa depannya kelak

Salah satu bentuk aktivitas pelajar yang produktif dalam bentuk organisasi, yaitu OSIS. Dalam wadah OSIS, pelajar dikader menjadi pemimpin yang handal dalam struktur pengurusan dan program kerja yang jelas untuk menata manajemen organisasi lebih maju dan mendidik anggotta menjadi sosok yang mampu menata dirinya menjadi insan yang berguna bagi dirinya sendiri, sekolah dan masyarakat di lingkungannya.

 

            Selain itu, menjadi pengurus OSIS merupakan berkah yang harus disyukuri, sebab jabatan yang diembannya merupakan panggilan bagi calon pemimpin yang siap pakai sebagai generasi bangsa dalam menghadapi gejolak kehidupan yang saat ini terpuruk dengan gonjang-ganjing kepemimpinan yang korup dan dekadensi moral. Dengan kenyataan tersebut pengurus OSIS harus siap mental, fisik dan mamp mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dalam menata manajemen sebagai publik servis memberikan informasi kepada warga sekolah.  

Tujuan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa adalah untuk meningkatkan dan mengarahkan potensi kepemimpinan siswa dalam rangka menyiapkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, berakhlak mulia dan terampil, disiplin da bertanggung jawab serta memiliki wawasan berkebangsaan sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang pemimpin.